Cara memilih bibit lele (8 tips memilih bibit)

Berikut ini Belajar Membuka Usaha Baru akan menerangkan tentang bagaimana /tips cara memilih bibit lele yang baik dan berkualitas yang siap untuk di ternakkan, banyak diantara kita yang sering lupa/menghiraukan ini, padahal ini suatu tumpuan dimana berternak anda bisa menghasilkan baik atau tidak, Nah dengan sedikit Tips dari kami tentang bagaimana cara memilih bibit yang tepat untuk lele akan kami berikan poin-poin sebagai berikut :)

Poinnya  tips cara memilih bibit lele yang baik dan berkualitas

Kesehatan (Amati Fisik dan Gerakannya)

Ukurannya Seragam 

Riwayat induk Keturunan

Riwayat Penyakit 

Pergerakan Bibit Lincah

Permukaan Badan Mulus dan Sewarna

Mampu bergerak Melawan Arus Lembut

Kelengkapan Bagian tubuh Lele

Cara memilih bibit lele (8 tips memilih bibit)


Tambahan
Pertimbangan Dalam Memilih Bibit/Benih Lele

    Kesehatan Benih,
Amati benih dari ukuran tubuh yang seimbang antara kepala dan tubuhnya, warna tubuhnya cerah dan mengkilap, tidak menggantung dan bergrombol di pojok kolam.
    Keseragaman ukuran Benih, ikan lele adalah termasuk jenis hewan kanibal, jika anda memilih benih yang memiliki ukuran tidak seragam antara benih satu dengan yang lainnya maka yang besar akan memakan yang kecil/lemah.
    Keturunan Induk Yang bagus dan berkualitas
atau anda bisa cek dengan bertanya bahwa ikan ini pernah sakit apa tidak? jika ikan lele pernah sakit, tanyakan bagaimana cara penanganannya, Apakah menggunakan antibiotik, vitamin, atau probiotik, atau bahkan perlakuan teknis saja. Tidak disarankan menggunakan antibiotik dengan dosis berlebihan karena penyakit/bakteri akan bersifat kebal sehingga memerlukan dosis yang lebih tinggi.
    Pilih Benih dari yang punya sertifikat CPIB,
Beli benih lele dari balai benih atau pembudidaya benih lele yang telah mengantongi sertifikasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik). Hal ini untuk memastikan bahwa benih berasal dari induk lele yang unggul dan telah menerapkan cara pembenihan ikan yang baik.
 Jenis dan  Kualitas Indukan Bibit Lele

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara memilih bibit lele (8 tips memilih bibit)"

Post a Comment